Macam-Macam Lauk

Resep donat goreng

Dari dulu ngga pernah bisa nolak donat tabur gula halus. Dari jaman kecil sampai sekarang donat sederhana ini tetep jadi makanan yang paling cepat habis kalau mama beli jajan pasar untuk sekeluarga.

Karena keliatannya mudah, akhirnya saya coba bikin donat ini sendiri.

‘Ah, itu bikinnya lama, mending juga beli, murah, ngga ribet, dan tinggal makan.’ Iya, sih. Tapi ngga ada salahnya bikin yang lebih sehat (dari segi minyak untuk menggoreng, kebersihan dan kualitas bahan).

Sebelum saya share resep, saya mau cerita dulu kalo donat ini nyariiiiiis gagal. Kenapa? Karena kesalahan ada di saya.

Adonan di resep ini lembuuuuuut banget, jadi butuh waktu sedikit lebih lama agar jadi kalis. Sedangkan saya sudah ngga sabar buat proofing dan goreng. 😛

Setelah proofing, akhirnya saya bulat-bulatkan seadanya tanpa dibikin lubang, pipihkan, taburi tepung sedikit agar lebih keras dan tanpa mendiamkan lagi 15 menit sebelum digoreng. Donat tetap mengembang dan lembut di dalam, kok, tapi untuk menghasilkan donat yang sempurna, jangan ikuti cara saya, ya. Ikuti saja resep di bawah ini.

Yuk, ah, langsung simak aja. ^^

[Disclaimer: Donat di resep ini sengaja tidak saya bikin berlubang karena susah. :P]

BAHAN:

250gr Terigu protein tinggi. (150gr dicampur larutan susu, 100gr dicampur belakangan. Saya pakai merk Cakra Kembar)

100 gr Terigu protein sedang. (Saya pakai merk Segitiga Biru)

5 Kuning telur

250ml Susu cair fullcream

50 gr Susu bubuk vanilla fullcream (Saya pakai Dancow)

80gr Margarin leleh (saya pakai merk Blue Band)

1sdt Ragi instan (saya pakai merk Fermipan)

1 sdt Baking powder

3-5sdm Gula pasir

½sdt Garam

½sdt Vanili bubuk

Taburan:

Gula putih halus

Kayu manis bubuk

CARA MEMBUAT:

1. Masak dengan api kecil susu, gula, ragi instan hingga gula dan ragi larut (jaga suhu air tetap hangat agar ragi tidak mati).

2. Masukkan 150 gr terigu ke dalam larutan susu, aduk hingga tercampur rata. Matikan api, diamkan hingga mengembang dua kalinya.

3. Di tempat terpisah, ayak sisa terigu protein tinggi, terigu protein sedang, susu bubuk, dan baking powder, sisihkan.

4. Di mangkiuk kecil, kocok lepas kuning telur dan garam hingga garam larut, sisihkan.

5. Lelehkan butter, campur dengan vanili, sisihkan.

6. Setelah adonan langkah nomer 2 mengembang masukkan ke dalam wadah yang lebih besar, lalu masukkan kuning telur, aduk rata dengan spatula.

7. Kemudian masukkan sisa terigu, aduk dengan mixer (gunakan batang mixer yang berbentuk spiral) aduk hingga adonan kalis.

8. Masukkan campuran butter dan vanili. Aduk lagi dengandengadonan mixer hingga adonan tidak berminyak dan kalis.

9. Tutup adonan dengan serbet basah dan diamkan hingga mengembang (sekitar 30 menit).

9. Bagi adonan ukurannya sesuai selera, (saya 50gr/donat), bulatkan. Diamkan 15 menit, lalu goreng mengunakan api kecil. Tiriskan.

10. Susun donat di piring, taburi dengan campuran gula halus dan kayu manis. Donat siap disajikan.

PS:

1. Adonan di resep ini memang susah kalis, tapi tekstur donat setelah digoreng sangat lembut.

2. Saya sempat hampir gagal membuat resep ini, next time akan ada olahan donat lagi dengan adonan yang lebih padat.

Bacaan Lainnya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *